Rabu, 11 Agustus 2021

Mengheningkan

 Ini adalah catatan refleksi saya yang sudah lama tidak muncul di blog ini. Halo, apa kabar?

Bagi saya menulis reflektif seperti ini bisa jadi salah satu sarana menemukan diri kembali, untuk hening sejenak, atau sekedar mengurai benang kusut yang ada di kepala.

Saya hanya ingin melihat perjalanan saya ke belakang, karena sepertinya sudah mulai bingung arah. hehe

Ternyata belajar mencintai diri sendiri itu butuh proses yang tidak singkat, sehingga self-love yang selama ini kita gemakan untuk diri sendiri menjadi hilang arah. Kita merasa sudah mencintai diri sendiri, tetapi masih melakukan hal merugikan diri sendiri, masih overthinking, masih memikirkan validasi dari orang lain, dll.

Rasanya kegagalan di masa lalu sangat membuat saya menjadi keras untuk membuat standard agar jangan terulang kembali. Batu bata standard yang berasal dari ketakutan itu tanpa sadar sudah lumayan tinggi. Kemudian saya hilang arah, batu bata ini sebenarnya mau dibikin apa? Rumah yang seperti apa?

Saya ingin setelah ini semua berjalan dengan sempurna sesuai dengan apa yang saya rencanakan. Begitu keras saya mempersiapkan itu untuk menghindari gagal yang sama. Energi saya lebih banyak tercurah pada menghindari. 

Untuk sampai ke tujuan dengan selamat dan sustain, bensin kita menuju ke sana terbuat dari apa?

Mari kita kembali menyelami dan menyadari diri sendiri dulu. Hening. Penuhi gelas cinta kita. Mari menabung cinta, untuk bisa memberi lebih banyak cinta kepada orang di sekitar kita.

Self-compassion.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar